Solok Selatan, 1 dari 486 Pemda yang meraih Opini WTP.


Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) merupakan sebuah opini yang diberikan lembaga keuangan negara, dalam hal ini kementerian keuangan Republik Indonesia, yang laporan keuangannya telah diaudit BPK, bebas dari salah saji material. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan kembali menjadi salah satu dari 486 Pemerintah Daerah lainnya yang menerima penghargaan tersebut, untuk laporan keuangan tahun 2019.


Padang Aro, Media Rakyat News. Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat, menerima penghargaan atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan tahun 2019, dari Menteri Keuangan RI pada acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (22/9/2020). 

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani dalam pidatonya saat membuka acara Rakernas mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang telah komit menjalankan tata kelola keuangan yang baik. 

Ia menjelaskan, sebanyak 486 pemerintah daerah meraih opini yang sama atas laporan keuangan tahun 2019. Capaian ini katanya, meningkat sebanyak 7,9 persen dibandingkan capaian di tahun 2018 untuk seluruh Indonesia.

“34 Pemerintah Provinsi, 87 Pemerintah Kota, dan 365 pemerintah kabupaten yang menerima opini WTP tahun 2019, alhamdulillah meningkat 7,9 persen dibandingkan pada tahun 2018,” ungkap nya. 

Ia sangat menghargai pemerintah daerah yang meraih opini tertinggi dari BPK itu. 

Ia berharap, capaian tersebut terus dipertahankan dan ditingkatkan, sebagai salah satu bukti komitmen pemerintah daerah menjalankan tata kelola keuangan negara yang baik. 

Ia juga menyampaikan pesan khusus kepada pemerintah daerah atau kementerian dan lembaga yang belum meraih opini WTP, ia berharap agar terus melakukan langkah-langkah efektif dan terukur dalam menyelesaikan temuan dan menindaklanjuti temuan BPK secara sungguh-sungguh sehingga bisa meraih opini WTP atas laporan keuangan di tahun 2020. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Fidel Efendi menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada menteri keuangan yang telah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. 



Menurutnya, penghargaan atas capaian WTP ini akan dijadikan motivasi positif untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah yang lebih baik lagi kedepannya. 

“Terima kasih ibu menteri, dan apresiasi kami juga untuk seluruh stakeholder, sehingga Pemkab Solsel mampu meraih opini WTP untuk yang keempat kalinya secara berturut-turut,” ungkap nya. (Men)




Posting Komentar

0 Komentar