Benny-Sabar, Calon Tunggal ?

Media Rakyat News - Pasaman - di KPUD Kabupaten Pasaman, sampai akhir waktu pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, hari minggu (6/9/2020), untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak Desember mendatang, hanya ada satu pasangan calon yang mengantarkan berkas pendaftarannya, yaitu pasangan Benny Utama dan Sabar AS. Kejadian seperti ini, membuat KPUD setempat membuka kembali kesempatan untuk mendaftarkan pasangan calon yang baru, sampai tanggal 11 September mendatang. 

Pasangan calon, Benny Utama dan Sabar AS, mendapat dukungan dengan amunisi sangat besar, total 29 dari 35 kursi DPRD. Pasangan ini menyatukan dukungan dari segudang partai politik; Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, Partai PAN, PPP, PDI-P, PKS dan Partai NasDem.

Sesuai dengan pasal 102 ayat 2a, Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017, KPUD setempat harus melakukan sosialisasi selama 3 hari, dan membuka kembali pendaftaran bakal pasangan calon untuk pilkada di daerah tersebut. 

Dikutip dari Lintas Sumbar, Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Amnasmen, mengatakan; besar kemungkinan pasangan calon ini bertarung melawan kotak kosong pada pilkada nantinya, karena sisa kursi yang ada, tidak mencukupi lagi untuk menaikan calon yang baru. "Hanya tersisa 6 kursi, dan itu kurang dari 20 persen. Apalagi aturan KPU untuk pilkada, bahwa partai politik yang sudah memberikan dukungan, tidak diperbolehkan lagi mencabut dukungannya terhadap pasangan calon.". (oky)

Posting Komentar

0 Komentar